Jumat, 27 April 2018

Pengertian dan Jenis Jaringan Komputer Secara Lengkap

Wuschus - Pelajari Ilmu | Pengertian Dan Jenis Jaringan Komputer ~ Tahun 2018 adalah sebuah tahun dimana teknologi tumbuh semakin begitu cepat, bahkan setiap detiknya berjalan sudah banyak inovasi-inovasi yang muncul dalam dunia ini , khususnya dalam bidang teknologi, pada pembahasan artikel pertama blog ini, saya selaku admin akan memulai sebuah ilmu basic dalam ilmu jaringan komputer sebelum kita memasuki tahapan ilmu selanjutnya.

Kita sering mendengarkan sebuah kosa kata dalam kehidupan sehari-hari seperti Jaringan Komputer, atau Jenis Jaringan Komputer, tetapi apakah kita sudah mengetahui apa pengertian lengkap atau pengertian sederhana dari Jaringan Komputer atau Jenis Jaringan Komputer ? Pada artikel ini saya akan membahas Pengertian dan Jenis Jaringan Komputer Secara Lengkap ayo kita simak artikel berikut.


Pengertian Jaringan Komputer ( Computer Network )

Jaringan komputer adalah sekelompok atau sekumpulan komputer personal yang saling menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi. (1)

(1) Dharma Oetomo (1), 2003, Hal 7.

Sehingga kita para pengguna bisa berbagi data,informasi,program aplikasi atau software, dan perangkat keras seperti printer,scanner,CD-Drive ataupun harddisk, serta memungkinkan untuk saling berkomunikasi secara elektronik.

Pengertian Ringkas: Sekumpulan komputer yang saling terhubung satu dengan yang lainnya, maka itu disebut dengan Jaringan Komputer.



Potensi Jaringan Komputer:

1. Mengintegrasikan dan berbagai pakai perlatan

Jaringan komputer memungkinkan penggunaan bersama atau sharing peralatan komputer berbagai merek, yang semula tersebar di berbagai ruangan, unit , dan departemen sehingga meningkatankan efektivitas dari sumber daya tersebut.

2. Komunikasi

Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar pemakai komputer. Selain itu tersedia aplikasi teleconference yang bisa melakukan rapat tanpa harus meninggalkan meja kerja.

3. Mengintegrasikan data

Jaringan komputer diperlukan untuk mengintegrasikan data antar komputer-komputer client sehingga dapat diperoleh suatu data yang relevan.

4. Perlindungan data dan informasi

Jaringan komputer memudahkan upaya perlindungan data yang terpusat pada server, melalui pengaturan hak akses dari para pemakai serta penerapan sistem password.

5. Sistem terdistribusi

Jaringan komputer dimanfaatkan pula untuk mendistribusikan proses dan aplikasi sehingga dapat mengurangai terjadinya kemacetan atau tumpukan pekerjaan pada satu bagian.

6. Keteraturan aliran informasi

Jaringan komputer mampu mengalirkan data-data komputer client dengan cepat untuk diintegrasikan dalam komputer server. Selain itu, jaringan mampu untuk mendistribusikan informasi secara kontinu kepada pihak-pihak terkait yang membutuhkan.

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Jenis Jaringan komputer dapat dikelompokkan berdasarkan luas area ang dapat dijangkau atau dilayani. Seacara umum jaringan komputer terbagi menjadi 3 jenis jaringan komputer, mungkin di antara kalian sudah ada yang mengetahui jaringan ini, apa saja itu ? Yaitu Local Area Network (LAN) atau Jaringan Lokal / Kecil, Metropolitan Area Network (MAN) atau Jaringan Sedang, Wide Area Network (WAN) atau Jaringan Dunia / Internet Dengan Skala Besar.

Pengertian Local Area Network (LAN)

Local Area Network (LAN) atau Jaringan Lokal adalah jaringan yang dibatasi dengan area yang relatif kecil, biasanya dibatasi oleh area lingkungan seperti sebuah rungan pada kantor, labolatorium atau lab sekolah yang biasanya jarak antar koneksi maksimal kurang lebih 100 Meter.


Metropolitan Area Network (MAN)

Metropolitan Area Network (MAN) atau Jaringan Kota adalah jaringan yang relatif sedang atau mencangkup antar kota atau wilayah dalam suatu propinsi. Jaringan MAN menghubungkan beberapa buah jaringan LAN atau jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar, sebagai contoh jaringan kantor cabang sebuah tempat penyimpanan uang (bank) di dalam sebuah kota jakarta dihubungkan antara satu dengan lainnya.


Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network (WAN) atau Jaringan Dunia adalah sebuah jaringan yang mempunyai area yang sangat besar mencangkup dunia, bahkan benua, karena transmisi yang gunakan sudah menggunakna satelit,fiber optic, wireless yang membuat jaringan tersebut bisa mencangkup luas daerah yang sangat luas, contohnya adalah sebuah perusahaan di Indonesia bisa menghubungi kantor pusatnya yang ada di Singapore hanya dalam beberapa waktu dalam satuan menit.


Jadi kesimpulan dari Jenis-Jenis Jaringan Komputer ini adalah:
1. LAN / Local Area Network : Area Sempit atau Kecil (satu ruangan laboratorium atau gedung)
2. MAN / Metropolitan Area Network: Area Sedang (sebuah kota dalam propinsi)
3. WAN / Wide Area Network : Area Luas (antar negara maupun benua)

Mungkin itu saja pembahasan kita kali ini tentang Pengertian dan Jenis Jaringan Komputer Secara Lengkap, semoga informasi yang saya berikan bermanfaat, jangan lupa untuk membagikan artikel ini untuk mencerdaskan kehidupan masyarakat.

Seorang Manusia Biasa Yang Mempunyai Hobby Blogging, Karena Dengan Blog Hobi Itu Saya Bisa Berbagi Dan Mendapatkan Uang.

Previous
This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon