Sabtu, 26 Mei 2018

Cara Setting MikroTik Sebagai Proxy Server

Cara Setting MikroTik Sebagai Proxy Server | Wuschus - Pelajari Ilmu ~ Pada artikel sebelumnya saya memberikan Tutorial Setting MikroTik Sebagai Gateway Warnet, lalu pada kesempatan kali ini Insya Allah saya akan memberikan kepada kalian bagaimana cara setting MikroTik Sebagai Proxy Server , mulai dari Transparent Proxy atau dengan Non Transparent Proxy, yang pasti di antara kedua jenis tersebut mempunyai perbedaannya masing-masing , mulai dari kelebihan atau kekurangan, tergantung situasi atau keadaan yang sedang kalian hadapi.
Cara Setting MikroTik Sebagai Proxy Server

Apa Fungsi Proxy Server ? Secara singkat atau arti sempitnya Proxy Server berfungsi untuk mempercepat akses sebuah website. Suatu halaman website yang pernah dikunjungi oleh user atau client mikroTik akan disimpan dalam proxy server, jadi ketika ada client yang request suatu halaman website, browser tidak perlu merequest langsung ke server web tersebut, tetapi sang browser (google chrome,mozilla,dll) akan mencarinya terlebih dahulu di proxy server. Lalu jika halaman website yang di request tidak di temukan di proxy server, maka proxy server request ke server web yang akan di kunjungi, itulah Cara Kerja Proxy Server.
Apa Perbedaan Transparent Proxy dan Non Transparent Proxy ? Jika kita memilih untuk membuat proxy server menjadi Transparent maka setiap client yang menggunakan MikroTik yang sudah di setting proxy server Transparant atau Transparent maka mengikuti aturan proxy yang sudah di konfigurasi di MikroTik atau bahasa singkatnya otomatis terkena aturan proxy, sedangkan jika kita memilih Non Transparent atau Non Transparant Proxy maka client bebas untuk memilih mengikuti aturan proxy atau tidak, tergantung dari settingan browser sang client harus di setting terlebih dahulu atau dalam bahasa singkatnya adalah Manual Setting Proxy.
Setelah kita mengetahui Apa itu Proxy, Proxy Server, Perbedaan Transparent dan Non Transparent , sekarang kita masuk ketopik utama pembahasan kita tentang Cara Konfigutasi atau Setting MikroTik Sebagai Proxy Server oleh MikroTik Indonesia User. Mari Kita Simak Tutorialnya Di Bawah Ini.

Versi MikroTik OS 6.41.2

Konfigurasi Awal

Untuk konfigurasi awal kita bisa menggunakan settingan yang sudah kita setting pada materi sebelumnya yaitu Cara Konfigurasi MikroTik Sebagai Router Gateway Internet Warnet mulai dari IP Address, gateway, dan DNS tetap sama atau intinya kita sudah setting untuk client bisa internet menggunakan mikroTik kita kalau belum silahkan lihat tutorial sebelumnya terlebih dahulu.

Setting MikroTik Sebagai Proxy Server Non Transparent Proxy

Konfigurasi ini memberi kebebasan kepada client atau user dalam penggunaan proxy, artinya client dapat menggunakan proxy atau tidak sesuai dengan kebutuhannya atau keinginannya. Jika user atau client ingin menggunakannya, langkah yang dibutuhkan hanya menambah IP address pada pengaturan proxy di browser.

Konfigurasi Default MikroTik atau Konfigurasi Bawaan

Konfigurasi Default MikroTik atau Konfigurasi Bawaan
Item Keterangan
enabled (Default: 'no') Memberikan informasi bahwa proxy dalam keadaan aktif atau tidak
src-address (Default: 0.0.0.0) web proxy akan menggunakan alamat ini untuk koneksi ke parent proxy
port (Default: 8080) Port yang digunakan ketika proxy aktif
anonymous (Default: 'no' ) -
parent-proxy (Default: 0.0.0.0) Mengalihkan ke IP address atau port yang lainnya, jika di biarkan default, maka parent-proxy ini tidak aktif.
cache-administrator (Default: webmaster) Menunjukan email atau tulisan pada halaman proxy error
max-cache-size (Default: unlimited)  Menentukan ukuran maksimal cache, di tentukan dalam ukuran kilobytes.
max-cache-object-size (Default: 2048 KB) Jika objek melebih besar yang kita tentukan, maka objek tersebut tidak disimpan dalam harddisk.
cache-on-disk (Default: 'no' ) Memberikan keterangan bahwa cache tersimpan dalam harddisk atau tidak, jika ingin di aktifkan ganti menjadi yes.
max-client-connections (Default: 600) Jumlah client yang melakukan permintaan proxy, jika sudah melebih maka akan di tolak
max-server-connections (Default: 600) Jumlah koneksi maksimal yang dibuat ke server, jika sudah melebih maka harus menunggu sampai perimtaan selesai.
max-fresh-time (Default: 3d) Waktu maksimal untuk menyimpan objek yang di-cache, kecepatannya biasanya tergantung besaran objek dan koneksi itu sendiri, kaian bisa setting waktunya lebih lama
serialize-connections (Default: 'no') -
always-from-cache (Default: 'no') -
cache-hit-dscp (Default: 4) -
cache-path (Default: web-proxy) Tempat atau Target Path disk driver tempat untuk menyimpan cache, kita bisa setting sesuai kebutuhan kita.

Cara Konfigurasi MikroTik Sebagai Non Transparent Proxy

Secara bawaan, konfigurasi proxy di MikroTik adalah tidak aktif atau no, maka kita harus mengaktifkannya terlebih dahulu dengan cara di bawah ini:
Mode Text
Cara Konfigurasi MikroTik Sebagai Non Transparent Proxy
Script:
ip proxy set enabled=yes
setelah itu kalian bisa memeriksanya dengan cara ip proxy print maka akan berubah menjadi yes , yang sebelumnya adalah no pada bagian enabled.
Selesai, setelah itu kalian bisa langsung setting browser kalian, kalian bisa skip Mode GUI
Mode GUI
Cara Konfigurasi MikroTik Sebagai Non Transparent Proxy
Pilih menu IP > Web Proxy > Ceklis Enabled > Apply > OK
Setelah itu kita setting browser kita dengan cara di bawah ini:
Cara Memasang Proxy Di Google Chrome:
Silahkan kunjungi chrome://settings/?search=proxy di url anda lalu buka settingan open proxy settings
Cara Memasang Proxy Di Google Chrome
Setelah itu kita setting proxy server pada chome kita sesuai dengan ip proxy server kita dari settingan MikroTik, jangan lupa untuk pilih OK > Apply > OK agar settingan proxy bisa di terapkan pada browser kita.
Contoh:
Address: 10.1.1.1
Port: 8080
Cara Memasang Proxy Di Google Chrome

Cara Memasang Proxy Di Mozilla Firefox :
Kunjungi about:preferences pada url mozilla, lalu cari proxy pada kotak pencarian lalu pilih tombol Setelan maka akan muncul setelan seperti gambar di bawah ini:
Cara Memasang Proxy Di Mozilla Firefox
Selesai

Cara Konfigurasi MikroTik Sebagai Transparent Proxy
Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, jika kita menggunakan settingan Transparent Proxy maka kita tidak perlu setting browser lagi, karena semua user atau client otomatis terkena aturan proxy yang kita setting.
Mode Text
Cara Konfigurasi MikroTik Sebagai Transparent Proxy
Aktifkan ip proxy terlebih dahulu dengan cara ip proxy set enabled=yes
Lalu tambahkan aturan firewall agar teredirect dengan cara ip firewall nat add chain=dstnat protocol=tcp src-address=10.1.1.0/24 dst-port=80 action=redirect to-ports=8080
NB: 10.1.1.0/24 > Ubah sesuai konfigurasi MikroTik IP Address Kalian
Selesai, jangan lupa untuk melihat atau memeriksanya di ip firewall nat print
Mode GUI
Cara Konfigurasi MikroTik Sebagai Transparent Proxy
Pilih menu IP Web Proxy Ceklis Enabled > Apply > OK
Lalu kita buat aturan Firwall NAT dengan cara pilih menu IP  > Firewall > NAT > Add 
General : Chain: dstnat , Src. Address: Sesuai IP MikroTik , Protocol: 6 (tcp) Dst.Port:80
Action: Action: redirect, To Ports: 8080
Apply > OK
Cara Konfigurasi MikroTik Sebagai Transparent Proxy
Selesai.

Untuk pembelajaran kali ini tentang Cara Setting MikroTik Sebagai Proxy Server, dan materi selanjutnya Insya Allah saya akan melanjutkan atau masih dari materi tentang proxy server dengan tambahan cara blokir situs menggunakan mikrotik, dan beberapa aturan proxy yang bisa kita manfaatkan dengan menggunakan aturan proxy ini dan bisa kita terapkan di kantor atau di rumah kita, jangan lupa untuk share artikel ini.

Seorang Manusia Biasa Yang Mempunyai Hobby Blogging, Karena Dengan Blog Hobi Itu Saya Bisa Berbagi Dan Mendapatkan Uang.


EmoticonEmoticon