Selasa, 01 Mei 2018

Fitur-Fitur MikroTik dan Penjelasannya Lengkap

Wuschus - Pelajari Ilmu | Fitur-Fitur MikroTik dan Penjelasannya Lengkap ~ Halo semua, setelah kita mempelajari bagian dasar dari jaringan sekarang kita masuk dalam dunia MikroTik dimana mungkin kalian sudah mengetahui apa itu MikroTik, untuk yang belum tau, penjelasan singkat dari saya yaitu MikroTik adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi jaringan dan itu adalah nama sebuah alat Router dan juga sebuah RouterOS Jaringan , dimana di dalamnya terdapat fitur-fitur yang menarik dan cocok untuk jaringan internet yang kita punya dan kita kelola.
Router MikroTik memang sangat cocok untuk kita para pemula yang belajar dalam dunia jaringan internet atau Jaringan Komputer , dengan adanya Router MikroTik kita bisa memblokir sebuah situs pada jaringan komputer yang tersambung dalam router MikroTik, selain itu kita bisa mengkonfigurasi client , data rate management, membuat Hotspot area , dan masih banyak fitur-fitur yang ada dalam MikroTik yang sebentar lagi saya akan jelaskan kepada kalian tentang Fitur-Fitur MikroTik dan Penjelasannya Lengkap, langsung saja mari kita simak penjelasannya.

Fitur-Fitur MikroTik dan Penjelasannya Lengkap

1. Address List
Fitur ini berguna untuk kita yang ingin mengelompokan IP Address berdasarkan nama.
2. Asynchronous
Pada fitur ini bahwa mendukung serial PPP dial-in/dial out, dengan otentikasi CHAP, PAP, MSCHAPv1 dan MSCHAPv2, Radius, dial on deman, modem pool hingga 128 ports.
PAP Password Authentication Protocol : Prosedur Otentifikasi Dengan Dua Langkah.
Contohnya User Akan Masuk Ke Jaringan Dengan Memasukkan Username dan Password, kemudian sistem memeriksa apakah username dan password sesuai dengan data yang berada dalam database atau tidak.
CHAP Challenge Handshake Authentication: Sebuah otentifikasi yang tingkat paling aman, dengan mengandalkan jabat tangan ketiga sebelum memasuki sebuah koneksi jaringan internet.
3.Bridge (Jembatan)
Fitur Bridge ini mendukung dalam kombinasi beberapa antarmuka interface,bridge firewalling,PPPoE Servers, L2TP Secrets.
4. Bonding
Fitur bonding ini mendukung dalam kombinai beberapa antarmuka ethernet ke dalam 1 pipa pada koneksi yang cepat.
5. Data Rate Management
Fitur DAM ini QoS berbasis HTB dengan penggunaan burst, PCQ, RED, SFQ, FIFO queue, CIR , MIR, limit antar peer to peer.
6. DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol)
DHCP adalah sebuah protokol dimana fungsi umumnya adalah membagikan IP Address secara otomatis, tetapi untuk di MikroTik terdapat DHCP Client , DHCP Server, dan DHCP Relay.
DHCP Client: Menerima IP Address Secara Otomatis Yang Di Berikan Oleh Modem atau Penyedia Internet.
DHCP Server: Membagikan IP Address Secara Otomatis Ke Client atau HUB / Switch Yang Terhubung dan Harus Mempunyai IP Utama Terlebih Dahulu.
Pada Fitur MikroTik DHCP juga terdapat static dan dynamic DHCP leases.
7. Firewall
 Pada MikroTik IP Firewall juga bisa kita gunakan atau manfaatkan untuk mengatur masuk keluarnya koneksi dari Client melalui MikroTik OS atau MikroTik Board, setiap koneksi atau data yang melewati MikroTik maka akan dikenakan aturan sesuai yang di setting oleh fitu Firewall ini, ada banyak manfaat yang kita bisa gunakan seperti Bloking Situs, Bloking IP, Filter IP, dll.
Isi dari Firewall: Filter Rules, NAT, Mangle, Raw, Services Port, Connections, Address Lists, Layer 7 Protocol.
8. Hotspot
Fitur yang kedelapan ini MikroTik menyediakan fitur berupa Hotspot , seperti yang kita tau, fitur ini sangat cocok untuk kita yang suka WiFian , pada fitur ini kita bisa setting Wireless kita menjadi AP Bridge dan di gabungkan dengan Hotspot dan pada Hotspot di dalamnya kita bisa setting mulai dari Login Page, Username dan Password, Waktu Penggunaan Username dan Password, dan masih banyak lagi yang bisa kita gunakan.
9. ISDN (Integrated Services Digital Network)
Fitur ini mendukung dial-in/ dial-out. Dengan otentikasi PAP, CHAP, MSCHAPv1 dan MSCHAPv2, Radius. Mendukung juga 128 K bundle, Cisco HDLC, x751, x75ui, x75bui line protokol.
10. IPSec
Protokol AH dan ESP untuk IPSec, MODP Diffie-Hellman groups 1, 2, 5, MD5 dan algoritma SHA1 hashing, algoritma enkripsi menggunakan DES, 3DES, AES-128, AES-192, AES-256, Perfect Forwading Secresy (PFS) MODP Groups 1,2,5. 
11. M3P
MikroTik Protokol Paket Packer untuk wireless links dan ethernet.
12. MNDP
MikroTik Discovery Neighbor Protokol, juga mendukung Cisco Descovery Protocol (CDP).
13. Traffic Monitoring
Pada fitur ini kita bisa memonitor jaringan internet kita seperti laporan traffic IP, log, statik dengan grafik yang bisa diakses melalui HTTP.
14. NTP (Network Time Protocol)
Dengan fitur ini kita bisa mensingkronkan jam pada Router MikroTik dengan waktu yang kita bisa setting sesuai keinginan kita, ada NTP Server atau IP khusus NTP agar geo lokasi jam bisa menyesuaikan keadaan.
15. Point to Point Tunneling Protocol
Fitur ini hampur mirip seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya yaitu terdapat PPTP, PPPoE, dan L2TP Access Concentrators, juga terdapat protokol otentikasi menggunakan PAP, CHAP, MSCHAPv1, MSCHAPv2, otentikasi dan laporan RADIUS, enkripsi MPPE, kompresi untuk PPoE, Limit data rate.
16. Proxy / Web Proxy
Fitur ini bisa kita manfaat untuk Cache untuk FTP dan HTTP Proxy Server, HTTPS proxy, transparent proxy untuk DNS dan HTTP, mendukung juga SOKCS, dan mendukung non transparent proxy , dan statik DNS.
17. Routing
Pada fitur yang ke 17 ini fungsi routing pada fitur MikroTik adalah membuat agar sebuah koneksi yang berbeda bisa bersatu.
18. SDSL (symmetric digital subscriber line)
Fitur ini mendukung Single Line DSL, mode pemutusan jalur koneksi dan jaringan.
19. Simple Tunnes
Tunnel IPIP dan EoIP (Ethernet over IP)
20. SNMP (Simple Network Management Protocol)
Fitur ini bisa membuat user lain melihat konfigurasi mikrotik tanpa bisa mengubahnya atau read-only.
21. Synchronous
terdapat V.25, V.24, E1/T1, X21, DS3 (T3) media types, sync-PPP, Cisco HDLC, Frame Relay lineprotocol, ANSI-617d (ANDI atau annex D) dan Q933a (CCITT atau annex A), Frame Relay jenis LMI.
22. Tool
Pada fitur tool terdapat banyak tools yang bisa manfaatkan seperti : BTester Server, Bandwith Test, Email, Flood Ping,  Graphing, IP Scan, MAC Server, Netwatch, Packet Sniffer, Ping, Ping Speed, Profile, RoMON, SMS, Telnet, Torch, Traceroute, Traffic Monitor, Traffic Generator.
23. UPnP (Universal Plug and Play )
Fitur Plug dan Play.
24. VLAN (Virtual Local Area Network)
Pada fitur VLAN ini mendukung Virtual LAN IEEE802.1q untuk jaringan ethernet dan wireless, multiple VLAN, VLAN bridging.
25. VOIP ( Voice over IP )
Fitur ini sangat berguna untuk kita yang ingin menghubungi seseorang yang sama dalam satu jaringan , maka digunakan fitur VOIP ini sebagai implementasinya.
26. VRRP (Virtual Router Redundancy Protocol)
Fitur ini juga terdapat pada MikroTik.
27. WinBox
Sebenernya selain WiBox ada alat lain juga yang bisa kita gunakan untuk meremote dan mengkonfigurasi MikroTik kita, tetapi dengan WinBox kita bisa melakukan hal tersebut dalam bentuk GUI (Grafik User Interface) dan kita juga bisa memilih fitur Terminal pada WinBox jika sewaktu waktu ingin konfigurasi MikroTik menggunakan mode Text.
Akhirnya itu saja dari saya , kurang lebihnya mohon di mafaatkan, jangan lupa silahkan tinggalkan komentar kalian jika kalian masih bingung atau apapun itu, semoga fitur-fitur yang diberikan oleh MikroTik ini bermanfaat untuk kita , terutama dalam hal mengkonfigurasi jaringan kita, aritkel ini Fitur-Fitur MikroTik dan Penjelasannya Lengkap .

Seorang Manusia Biasa Yang Mempunyai Hobby Blogging, Karena Dengan Blog Hobi Itu Saya Bisa Berbagi Dan Mendapatkan Uang.


EmoticonEmoticon